Pengertian Sistem
Suatu sistem sangatlah dipentingkan dalam sebuah perusahaan atau instansi perkantoran, karena sistem itu sangatlah penting terhadap tata cara kerja perusahaan atau instansi-instansi, baik yang berskala kecil maupun besar. agar dapat berjalan sesuai yang di ingkan dan sempurna sangat diperlukan kerjasama diantara unsur-unsur yang terkait dalam sistem-sistem tersebut.
Ada berbagai pendapat ahali tentang mendefinisikan pengertian sistem tersebut, silahkan lihat dibawah ini :
Menurut Jogiyanto,2005,1
CONTOH BAGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN |
Ada berbagai pendapat ahali tentang mendefinisikan pengertian sistem tersebut, silahkan lihat dibawah ini :
Menurut Jogiyanto,2005,1
"Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan , berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu"
"Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu"
Menurut George M.Scott
Menurut Barry E.Cushing,
‘Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian beberapa sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu yang mampu memberikan data sehingga menjadi sebuah informasi lewat berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria yang bermutu yang telah ditetapkan’.
Sistem Informasi Manajemen merupakan kumpulan dari sistem informasi:
‘Sistem informasi adalah sistem yang diciptakan oleh para analisis dan manajer guna melaksanakan tugas khusus tertentu yang sangat esensial bagi berfungsinya organisasi’.Robert A.leitch dan K.Roscoe davis
‘Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian , mendukung operasi ,bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan'
Menurut Barry E.Cushing,
‘Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian’
‘Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian beberapa sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu yang mampu memberikan data sehingga menjadi sebuah informasi lewat berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria yang bermutu yang telah ditetapkan’.
Sistem Informasi Manajemen merupakan kumpulan dari sistem informasi:
- Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), tentang informasi transaksi keuangan.
- Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), tentang informasi untuk penjualan atau yang berhubungan dengan sistem pemasaran.
- Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
- Sistem informasi personalia (personal information systems).
- Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
- Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
- Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
- Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
- Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
- Sistem informasi analisis software
- Sistem informasi teknik (engineering information systems).
Sistem Informasi Manahemen
1. Sistem Informasi Inventory Control,
2. Sistem Informasi Akuntansi,
3. Sistem Informasi Personalia,
4. Sistem Informasi Pemasaran,
2. Sistem Informasi Akuntansi,
3. Sistem Informasi Personalia,
4. Sistem Informasi Pemasaran,
Manfaat dan fungsi dari sistem informasi manajemen
http://ediharukaze.blogspot.com/2013/10/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
http://ferdinandwisnu.wordpress.com/sistem-informasi-manajemen/
http://nicohernawan.wordpress.com/artikel-sim-sistem-informasi-manajemen/
- Meningkatkan aksesibilitas data yang telah tersaji yang akurat dan teratur.
- Menjamin kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
- Mengembangkan proses perencanaan yang lebih efektif.
- Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
- Menetapkan investasi yang akan diarahkan kedalam sistem informasi.
- Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
- Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
- Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
- Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
http://ediharukaze.blogspot.com/2013/10/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
http://ferdinandwisnu.wordpress.com/sistem-informasi-manajemen/
http://nicohernawan.wordpress.com/artikel-sim-sistem-informasi-manajemen/
1 Komentar untuk "DEFENISI DAN PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MENURUT AHLI"
Terimakasih artikelnya sangat membantu sekali gan.
Mohon kunjungi juga
https://ayulestari27.wordpress.com/2015/03/31/firebird-untuk-windows-7/